sumber : http://news.detik.com/read/2012/08/10/115844/1988190/10/6/contoh-mereka-tokoh-indonesia-yang-dikenal-berintegritasnd771108bcj

Baharudin Lopa

Mantan Jaksa Agung Baharudin Lopa, sosok yang dikenal berintegritas tinggi. Banyak cerita yang membuat kita geleng-geleng berdecak kagum soal sosoknya. Misalnya soal kisah korek api mahasiswa tak sengaja terbawa olehnya.

Lopa memang seorang perokok. Saat berbincang dengan mahasiswa di Makassar, secara tak sengaja  dia membawa korek api itu. Nah, begitu sampai di Bandara Soekarno-Hatta dia pun mesti repot-repot menelepon sang mahasiswa soal korek api itu. Dia tak ingin korek api menjadi beban.

Banyak cerita soal sosok Lopa yang menjunjung tinggi integritas. Saat menjabat sebagai Kajati Sulsel dia pernah melarang anaknya menggunakan kursi miliki Kejati, karena kursi itu bukan barang pribadi tetapi inventaris negara.

Lopa juga pernah meminta seorang pejabat mengambil kembali bensin yang dia berikan untuk mobilnya. Lopa pun menjelaskan bahwa perjalanan yang dia lakukan sudah dibiayai negara.

Lopa meninggal pada 3 Juli 2001 di RS Alhamadi Riyadh. Walau sudah tiada, kata-kata Lopa yang tegas soal penegakkan hukum selalu diingat. “Janganlah takut menegakkan hukum dan jangan takut mati demi menegakkan hukum….”