Bagaimana mencapai akuntabilitas pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum pada Perguruan Tinggi (BLU PT) merupakan tema sentral dari kegiatan workshop sehari yang dilaksanakan oleh BPKP bagi para pengelola keuangan di lingkungan Universitas Bengkulu. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu, Mulyana menjelaskan secara gamblang bahwa masyarakat akan menjadikan Universitas Bengkulu sebagai centre of excellent bilamana akuntabilitas BLU PT dapat  diwujudkan secara efektif.

 

Bertempat di aula Rektorat Universitas Bengkulu (UNIB), akhirnya kegiatan workshop sehari yang sempat tertunda karena kesibukan kedua pihak, dapat juga dilaksanakan pada Selasa 6 Maret 2012.  Pembukaan acara diawali dengan sambutan dari Kapala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu dan disusul dengan sambutan Rektor UNIB Prof Zainal Muktamar. Workshop diikuti oleh para pengelola keuangan dari semua fakultas dan Rektorat UNIB.

Dalam kata sambutannya, Mulyana menjelaskan mengenai kondisi dari akuntabilitas BLU PT saat ini yang masih belum terlepas dari berbagai permasalahan, dan jalan keluar atau solusi yang diperlukan untuk mencapai pengelolaan BLU yang akuntabel yaitu memprioritaskan untuk memperbaiki pengelolaan keuangan BLU secara konsisten, memperkuat sistem pengendalian intern khususnya dalam menjalankan program-program yang strategis, meningkatkan kinerja pelayanan umum universitas yang merupakan bagian dari public interest, dan melaksanakan program reformasi birokrasi secara taat azas.

Apabila solusi tersebut dapat diimplementasikan dengan sunguh-sunguh, maka  Universitas Bengkulu dapat menjalankan peran dan fungsi dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai lembaga pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masayarakat yang berlandaskan pada Good and Clean University Governance, yang pada akhirnya keberadaan Universitas Bengkulu akan mengarah kepada Centre of Excellent bagi semua stakeholdernya. Menutup sambutannya, Mulyana menyatakan kesiapan untuk mengawal UNIB pada empat segi manajemen BLU PT yang mencakup manajemen keuangan, kinerja, asset, dan manajemen pengawasan.

Rektor UNIB Prof Zainal Muktamar menyatakan sependapat dengan paparan dari Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu dan berharap BPKP dapat terus mendampingi dan mengawal UNIB sehingga dapat mencapai akuntabilitas yang diharapkan, serta mengucapkan terima kasih atas dukungan BPKP terutama untuk pendampingan dalam proses pengadaan barang/jasa yang berasal dari dana APBN P Tahun 2011 yang lalu dan pendampingan serta reviu atas Laporan Keuangan UNIB Tahun 2011.

Setelah Rektor UNIB membuka secara resmi, acara workshop sehari tersebut dilanjutkan dengan pemaparan oleh para nara sumber yang berasal dari Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Polsoskam BPKP dan Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu. (Tim Humas BPKP Bengkulu).

sumber:http://www.bpkp.go.id/berita/read/7853/0/Universitas-sebagai-Centre-of-Excellent-wujud-akuntabilitas-BLU-PT-.bpkp

Leave a Reply