Sahrul yang berusia 8 tahun hanya berbobot 8 kg, Sahril usianya 6 tahun berbobot 6,5 kg.

VIVAnews – Kondisi Sahrul (8) dan Sahril (6), dua bocah bersaudara asal Kelurahan Lantora, Kecamatan Polewali, Kabupaten Polman, Sulawesi Barat sangat memprihatinkan. Keduanya mengalami gizi buruk.

Badan Sahrul dan Sahril terlihat kurus, seperti tinggal tulang yang berbalut kulit. Berat badan keduanya pun jauh dari kondisi normal. Sahrul hanya memiliki berat 8 kilogram, sedangkan berat badan Sahril hanya 6,5 kilogram.

Orangtua kedua bocah itu telah meninggal lima tahun silam. Mereka diasuh oleh keluarga sang bibi, Nurhayati, yang kehidupannya pas-pasan. Nurhayati bekerja sebagai penjual sayur di pasar tradisional. Mereka tidak bisa memberikan asupan gizi yang cukup untuk Sahrul dan Sahril.

Jangankan membelikan susu Sahrul dan Sahril, untuk makan sehari-hari saja keluarga Nurhayati kadang tidak mencukupi. Keluarga ini juga tak mampu membawa kedua bocah itu ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

Menurut Kabag Humas Pemkab Polman, M. Danial, kedua bocah itu sudah lama mengalami gizi buruk. Dia mengaku Pemkab Polman sebenarnya tak tinggal diam. Beberapa bulan lalu pemerintah setempat sudah pernah memberikan bantuan untuk berobat.

“Tapi, karena kondisi perekonomian yang mengasuh kedua anak tersebut terbatas, sehingga kurang kesadaran melakukan itu,” kata Danial kepada VIVAnews, Rabu, 7 Maret 2012.

Karena tak mendapat pengobatan yang semestinya, kondisi Sahrul dan Sahril semakin memprihatinkan. Untuk berjalan saja, keduanya harus dipapah. Kini, Sahrul dan Sahril menunggu tangan-tangan dermawan yang bersedia membantu berobat dan memperbaiki kehidupan mereka. (umi)

• VIVAnews

Sumber :http://nasional.vivanews.com/news/read/294183-dua-bocah-gizi-buruk-butuh-bantuan

Leave a Reply