1.Preliminary Survei (Survei Pendahuluan)
2.Review and Testing of Management Control System (Penelaahan dan Pengujian Atas Sistem Pengendalian Manajemen)
3.Detailed Examination (Pengujian Terinci)
4.Report Development (Pengembangan Laporan)

1)    Preliminary Survei (Survei Pendahuluan)
Survei pendahuluan dimaksudkan untuk mendapat gambaran mengenai bisnis perusahaan yang dilakukan melalui tanya jawab dengan manajemen dan staf perusahaan serta penggunaan questionnaires.
2)    Review and Testing of Management Control System (Penelaahan dan Pengujian Atas Sistem Pengendalian Manajemen)
Untuk mengevaluasi dan menguji efektifitas dari pengendalian manajemen yang terdapat diperusahaan. Biasanya digunakan management control questionnaires (ICQ). Flowchart  dan penjelasan narrative serta dilakukan pengetesan atas beberapa transaksi ( walk through the documents).
3)    Detailed Examination (Pengujian Terinci)
Melakukan pemeriksaan terhadap transaksi perusahaan untuk mengetahui apakah prosesnya sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan manajeman. Dalam hal ini auditor harus melakukan observasi terhadap kegiatan dari fungsi – fungsi yang terdapat diperusahaan.
4)    Report Development (Pengembangan Laporan)
Dalam menyusun laporan pemeriksaan, auditor tidak memberikan opini mengenai kewajaran laporan keuangan perusahaan, laporan yang dibuat mirip dengan management letter, karena berisi audit findings (temuan pemeriksaan) mengenai penyimpangan yang terjadi terhadap kriteria (standar) yang berlaku yang menimbulkan inefisiensi, inefektifitas dan ketidakhematan (pemborosan) dan kelemahan dalam sistim pengendalian manajemen (managemen control system) yang terdapat diperusahaan, selain itu auditor juga memberikan saran – saran perbaikan.

Leave a Reply